kudhana file's

MeNikah ……

Posted by Kudhana pada Februari 25, 2011

Dua minggu yang lalu saya menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat,  saat misa pemberkatan pernikahan tersebut, saya jadi berpikir “menikah” Hmmmmm ………….. satu kata seribu makna, kenapa bisa begitu ? mungkin bagi sebagian orang kata itu merupakan moment yang paling ditunggu tunggu seumur hidupnya karena merupakan moment terindah dan tepenting yang harus dilalui, dan juga merupakan satu titik balik dalam fase hidup yang dapat merubah segala – galanya. Tetapi tidak demikian dengan sebagian orang,  menikah mungkin merupakan sesuatu hal yang mengerikan untuk dihadapi, bahkan memikirkannya pun tidak karena menikah tidak lebih dari sebuah mimpi buruk yang tidak berkesudahan. Tidak dapat di pungkiri menikah adalah suatu peristiwa yang membutuhkan komitmen penuh pelakunya, komitmen yang di perlukan tersebut bisa dikatakan tanpa batas, karena komitmen untuk menikah membutuhkan kesungguhan hati serta pengorbanan yang sungguh luar biasa. Seorang lajang mungkin di masa sendirinya senang menghabiskan waktu luang dengan menjalankan hobinya, tetapi bagi seseorang dengan status menikah, memiliki waktu luang untuk menghabiskan hobi mungkin sudah menjadi suatu peristiwa yang sangat luar biasa, karena yang terjadi adalah tidak akan banyak waktu luang tersisa setelah status menikah melekat pada diri kita, inilah salah satu sebab mengapa masih banyak orang yang masih miris dan ngeri mendengar kata  menikah apalagi melakukannya.

Selain komitmen, keberanian juga di butuhkan bagi setiap orang yang ingin melaluinya. Karena tidak semua orang lajang “berani” menempuh jalan ini untuk mengubah status lajang mereka. Dengan berbagai alasan banyak orang berdalih untuk dapat menghindari menikah, semisal masih belum mendapatkan pasangan yang cocok, padahal mana ada sih di dunia ini pasangan yang benar – benar cocok sesuai keinginan ? hampir mustahil.  Ada lagi yang mecari alasan bahwa akan menikah jika sudah cukup modal atau materi yang dikumpulkan sudah banyak, lah …….. emang mau sampai kapan akan mengumpulkan modalnya, padahal yang namanya manusia tidak pernah akan ada rasa cukup terutama untuk hal materi dan uang. disinilah letak keberanian seseorang diuji didalam hal menikah, setelah menikah banyak sekali perubahan yang terjadi didalam diri pribadi dan kehidupan kita sehari – hari, jikalau saat lajang kita hanya memikirka diri kita sendiri setelah menikah kita harus memikirkan diri sendiri dan pasangan, begitu seterusnya akan mempengaruhi setiap aspek hidup kita, apalagi jika setelah menikah Tuhan berkenan memberikan rejeki berupa “momongan”, wuih jangan disangka beban kan semakin bertambah. Keberanian merupakan kata kunci selain komitmen untuk dapat masuk ke jenjang pernikahan.

Tetapi yang perlu di ingat dan dicatat, tidak selamanya status menikah itu menakutkan. Banyak sekali keindahan dan kegembiraan yang di dapat dari status menikah. Pertama jika pada saat lajang kita sendirian, maka setelah menikah secara otomatis kita akan mendapatkan teman, baik teman curhat, teman ngobrol, bahkan teman untuk berbagi. Menikahpun semakin mengkukuhkan seseorang bahwa ia telah menjadi seorang yang dewasa secara utuh, dimana secara sadar ia mau melibatkan diri kedalam dunia yang penuh tanggung jawab dan pengorbanan, dimana hal tersebut tidak akan pernah diambil oleh seseorang yang masih belum “dewasa” dalam hal emosi, pemikiran, dan tanggung  jawab. Selain kedua hal tersebut, menikah bearti memiliki keluarga baru, dan tidak ada duanya ketika melihat dan merasakan sebuah keluarga kecil mulai bertumbuh dan berkembang, ditambah lagi jika  si kecil sebagai buah pernikahan sudah mualai meramaikan keluarga kecil tersebut, benar – benar suatu pengalaman dan kebahagiaan yang tiada bandingnya.

Menikah atau Tidak menikah (baca:belum menikah), hanyalah sebuah pilihan hidup semata, dimana setiap pilihan hidup pasti memiliki konsekuensi dan permasalahannya sendiri – sendiri. tetapi selama kita memiliki komitmen dan keberanian untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar, maka apapun pilihan kita, saya yakin akan membawa kebahagiaan bagi kita di kemudian hari. Sekedar sharing dari pengalaman pribadi yang di jumpai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: