kudhana file's

Perbedaan……….disyukuri atau disesali

Posted by Kudhana pada Januari 14, 2011

Perbedaan ……………………………………… salah satu kata (baca: kondisi) yang sering kita hindari, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sosial dan Kerja. Disadari atau tidak,  di setiap detik hidup kita selalu di penuhi dengan kondisi penuh perbedaan ini. Dari kita bangun tidur kebiasaan yang kita lakukan pasti berbeda satu dengan yang lain, bahkan di dalam lingkungan keluarga sekalipun. Ada yang begitu bangun pagi langsung mandi dan bersih – bersih diri, ada juga yang setalah bangun tidur langsung berolah raga, sarapan, atau pun tidur lagi, begitu pula dengan kita di lingkungan kerja, banyak sekali perbedaan baik cara dan pemikiran yang muncul antar rekan sekerja guna mencapai suatu tujuan yang telah di tentukan.

Demikian pula dengan perbedaan yang ada di dalam  lingkungan sosial masyarakat, banyak sekali perbedaan yang dapat kita  temukan di dalamnya, semisal perbedaan suku, agama, dan budaya. Tidak sedikit  konflik  yang sebenarnnya tidak diperlukan, di timbulkan karena perbedaan yang ada, ditambah lagi ketakutan akan kesuperioritasan salah satu perbedaan, yang di khawatirkan akan menekan dan “mengganggu” perbedaan yang lain, semakin mempertajam dan memperparah konflik antar perbedaan tersebut.

Memang tidak bisa di pungkiri, perbedaan dapat di ibaratkan sebagai pisau bermata dua. Dimana, di satu sisi jika di pergunakan secara baik, arif dan bijaksana maka perbedaan tersebut akan menjadi berkah dan rahmat tersendiri bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar, tetapi di sisi lain jika kita pergunakan perbedaan tersebut secara egois dan sekedar pemuas nafsu untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, maka niscaya pisau perbedaan tersebut akan menjadi senjata  yang akan menusuk pemakainya sendiri.

Perbedaan memang tidak bisa dihilangkan dan tidak perlu di hilangkan, bayangkan betapa  tidak indahnya dunia dan lingkungan sosial masyarakat yang serba sergam dan monoton, dibandingkan dengan dengan lingkungan sosial masyarakat yang pernuh warna – warni “perbedaan”.  Memang tidak dapat di pungkiri jika setiap perbedaan memilik apa yang di katakan kebebasan yang sebebas – bebasnya, untuk mengekspresikan ke-perbedaannya, tetapi perlu diingat bahwa kebebasan salah satu perbedaan dibatasi oleh kebebasan perbedaan yang lain. Sehingga pada akhirnya kebebasan dari setiap perbedaan itu adalah suatu kebebasan yang bertanggung jawab, dimana setiap perbedaan merasa dapat hidup berdampingan sesuai dengan kebebasan yang mereka yakini

sesuai dengan judul dalam tulisan ini, Jika perbedaan yang ada dapat di kelola dan di atur sedemikian rupa sehingga kebebasan satu perbedaan tidak mengganggu kebebasan perbedaan yang lain dan perbedaan tersebut dapat di pertanggung  jawabkan, maka perbedaan yang ada merupakan berkah tersendiri yang patut untuk disyukuri, dan sebaliknya jika setiap perbedaan tidak mau berkompromi dan hanya ingin menang sendiri tanpa mengindahkan dan memikirkan perbedaan yang lain, maka yang timbul hanyalah kekacauan, yang patut di sesali.

dan semua itu tergantung dari kearifan pengguna kebebasan dari masing – masing perbedaan tersebut ………………………..

2 Tanggapan to “Perbedaan……….disyukuri atau disesali”

  1. dengan perbedaan seseorang dengan yang lain bisa saling berbagi dan melengkapi

  2. Sri Mulyati said

    Kami adalah korban dari perbedaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: