kudhana file's

Merpati Putih

Posted by Kudhana pada Maret 17, 2010

Yang dimaksud disini bukan lah judul lagu yang di populerkan oleh mendiang Chrisye, tetapi Merpati Putih yang di maksud disini adalah salah satu perguruan pencak silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS Betako) yang ada di nusantara ini. Arti dari Merpati Putih itu sendiri adalah suatu singkatan dalam bahasa Jawa, yaitu:
Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang dalam bahasa Indonesia berarti “Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan” sehingga diharapkan seorang Anggota Merpati Putih akan menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya. Selain itu PPS Betako Merpati Putih mempunyai motto: “Sumbangsihku tak berharga, namun Keikhlasanku nyata”.

Sejarah dari PPS Betako Merpati putih ini dimulai sekitar tahun1550an, Awalnya aliran ini dimiliki oleh Sampeyan Dalem Inkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat Ingkang Jumeneng Ing Kartosuro kemudian ke BPH Adiwidjojo (Grat I). Lalu setelah Grat ke tiga, R. Ay. Djojoredjoso ilmu yang diturunkan dipecah menurut spesialisasinya sendiri-sendiri, seni beladiri ini mempunyai dua saudara lainnya. yaitu bergelar Gagak Samudro dan Gagak Seto. Gagak Samudro diwariskan ilmu pengobatan, sedangkan Gagak Seto ilmu sastra. Dan untuk seni beladiri diturunkan kepada Gagak Handoko (Grat IV). Dari Gagak Handoko inilah akhirnya turun temurun ke Mas Saring lalu Mas Poeng dan Mas Budi menjadi PPS Betako Merpati Putih. Hingga kini, kedua saudara seperguruan lainnya tersebut tidak pernah diketahui keberadaan ilmunya dan masih tetap dicari hingga saat ini ditiap daerah di tanah air guna menyatukannya kembali.

Pada awalnya ilmu beladiri Pencak Silat ini hanya khusus diajarkan kepada Komando Pasukan Khusus ditiap kesatuan ABRI dan Polisi serta Pasukan Pengawalan Kepresidenan (Paspampres).

Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 35 cabang dengan kolat (kelompok latihan) sebanyak 415 buah (menurut data tahun 1993) yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak satu juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia.

Sang Guru Merpati Putih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas (Grat XI)(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Merpati_Putih).

saya sendiri mulai mengenal aliran olah raga bela diri ini pada tahun 1999 di salatiga dan mulai sejak itu saya mulai jatuh hati dan hingga sekarang saya masih menekuni olah raga ini, meskipun sampai saat ini saya belum mendapatkan tempat latihan pengganti, banyak sekali manfaat yang saya pribadi rasakan dari latihan Mepati Putih ini diantaranya kesehatan dan stamina yang prima, disamping itu Merpati Putih ini membuat saya lebih percaya atas kemampuan diri sendiri. Pada prinsipnya Merpati Putih mengolah dan menggunakan tenaga dalam asli manusia, dengan permainan napas. Pada orang biasa, tenaga asli tersebut dapat dilihat dan digunakan hanya pada saat orang bersangkutan dalam kondisi terdesak saja. Misal: melompat pagar saat anjing mengejarnya di jalan yang buntu. Dalam keadaan kembali normal / tidak terdesak, orang tersebut serasa tidak percaya telah melompati pagar yang tinggi tersebut. Maka di dalam Pencak Silat ini, bagaimana menggunakan tenaga ekstra asli manusia tersebut pada saat normal, kapanpun dan dimanapun.

kadang ada pandangan negatif mengenai MP dari orang – orang yang tidak mengetahui seluk beluk dari olah raga beladiri ini, ada yang menyangka MP menggunaka rapalan atau pun menggunakan bantuan kekuatan diluar manusia untuk melakukan segala atraksi MP. padahal semua atraksi yang di lakukan murni berasal dari diri sendiri yang merupakan efek latihan olah nafas dan disiplin latihan diri, dan bukan berasal dari kekuatan – kekuatan luar. serta yang lebih meyakinkan lagi, adalah olah nafas dan segala efeknya dapat di pertanggung jawabkan secara medis dan ilmu pengetahuan. saya pribadi bangga boleh dan dapat mempelajari beladiri ini karena bukan saja menyehatkan badan, tetapi secara tidak langsung membentuk mental dan semangat hidup yang “mudah – mudahan” dapat berguna bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat sekitar.

semoga …………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: