kudhana file's

Hasil dan tanggapan atas pertemuan kedua tgl.18 Juli 2009 dengan developer GDC

Posted by Kudhana pada Agustus 21, 2009

Pertemuan kedua antara konsumen dengan PT Dinamika Alam Sejahtera (PT DAS) selaku developer GDC telah dilakukan pada tgl 18 juli 2009, dimana dalam pertemuan tersebut dari PT DAS di wakili oleh Bp. Zabidin selaku manager produksi, Ibu Ratna selaku after sales dan Bp Ferdy sebagai pelaksana proyek, pada kesempatan tersebut hadir 12 konsumen GDC, dimana masing – masing konsumen memilki permasalaha yang sama, yaitu menuntut kejelasan serah terima dari pihak PT DAS atas rumah yang telah dipesan. Hampir Semua konsumen yang hadir di dalam pertemuan tersebut adalah konsumen GDC yang seharusnya sudah melakukan serah terima dari pihak PT DAS, tetapi sampai pada saat pertemuan kedua berlangsung mereka masih belum dapat menempati rumah yang di pesan. Pertemuan kedua ini dilakukan karena konsumen melihat ketidak mampuan PT DAS untuk melakukan realisasi atas janji mereka sebagai developer GDC dalam pertemuan pertama tempo hari, dimana dalam pertemuan pertama tersebut PT DAS berjanji akan melakukan serah terima rumah paling lambat bulan Juli 2009.

Pada kesempatan pertemuan kedua ini, ketidak hadiran Bp Esaf sanger yang nota bene sebagai pimpinan proyek PT DAS dalam pembangunan GDC, cukup membuat kecewa konsumen yang hadir, ternyata berdasarkan keterangan dari Bp Zabidin, Bp Esaf sudah tidak lagi menjabat sebagai Pimpro PT DAS, dan digantikan oleh Bp Wastono, entah mengapa tiba – tiba pimpro PT DAS diganti di tengah jalan, pada saat Bp Esaf telah mendapatkan kepercayaan dari kami para konsumen untuk dapat merealisasikan kewajiban  PT DAS yang tertunda. Kami hanya berharap beliau tidak mengundurkan diri di karenakan tekanan yang cukup kuat dari konsumen karena banyaknya kasus yang masih tejadi di dalam pembangunan perumahan GDC. Pertemuan kedua tersebut akhirnya  tetap berlangsung meskipun tidak ada petinggi PT DAS yang hadir. Pada kesempatan tersebut Bp Zabidin meyakinkan kepada kami para konsumen bahwa pertemuan kedua tersebut cukup hanya di wakilkan oleh mereka bertiga untuk mewakli PT DAS, dikarenakan masih adanya pergantian pimpina proyek di PT DAS, dan Bp Zabidin meyakinkan kepada kami bahwa apa yang dihasilkan dan di sepakati didalam pertemuan kedua tersebut akan disetujui oleh pimpinan PT DAS yang baru.

pertemua kedua ini cukup lama juga jika di banding kan dengan  pertemuan pertama, hampir kurang lebih 3 jam dihabiskan untuk membahas point – point permasalah yang telah kami kirimkan sebelumnya. Memang tidak di pungkiri bahwa konsumen yang datang pada kesempatan tersebut sempat terpancing juga emosinya, manakala pihak PT DAS memberikan jawaban yang serba tidak pasti mengenai  schedule serah terima rumah yang di pesan. Pada intinya perwakilan PT DAS tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan mengapa janji mereka untuk dapat melakukana serah terima rumah di bulan Juli 2009 yang telah di sepakati di pertemuan pertama yang lalu menjadi molor kembali, mereka hanya meminta maaf  dan “berjanji” kembali akan melakukan serah terima rumah kepada konsumen pada bulan Oktober 2009 yang akan datang, dengan perdebatan yang agak alot akhirnya kami pihak konsumen menyanggupi opsi untuk serah terima di bulan Oktober 2009 ini, dengan syarat  pihak PT DAS memberikan perjanjian kepada kami yang di tulis dan di tanda tangani di atas materai, sebagai tanda niat baik dan komitmen PT DAS atas tanggung jawab mereka terhadap konsumen,  PT DAS  menyetujui akan menanda tangani suarat pernyataan yang berisikan hasil kesepakatan didalam pertemuan kedua tersebut diatas materai sebagai bukti niat baik mereka.

Didalam pertemuan kedua tersebut akhirnya di sepakati beberapa point yang berhubungan dengan pengerjaan rumah serta kondisi rumah yang akan di serah terimakan, diantaranya adalah

  1. PT DAS selaku developer GDC akan melakukan serah terima rumah beserta  fasilitas (listrik, air, jalan, saluran air, tembok pembatas) kepada Konsumen  paling lambat bulan Oktober 2009, terutama bagi rumah yang masa serah terimanya sudah melebihi jangka waktu 12 (dua belas) bulan sesuai didalam kesepakatan PPJB dan jangka waktu yang disepakati dalam pertemuan pertama ( bulan Juli 2009), bagi pembangunan rumah dengan prosentase sudah melebihi 80%, penyelesaian rumah paling lambat bulan Agustus 2009;
  2. PT DAS selaku developer GDC menjamin pada saat serah terima kondisi rumah siap pakai dan aman untuk di huni serta segala fasilitas umum pendukung (listrik, Air, jalan cluster, saluran air, tembok pembatas cluster) telah tersedia / terpasang di masing – masing rumah yang akan di serah terimakan dan  dapat dipergunakan sebagai mana semestinya oleh Konsumen
  3. PT DAS selaku developer GDC menjamin memberikan respon / tanggapan yang cepat dan segera melakukan pengerjaan ulang / perbaikan atas semua keluhan Konsumen sehubungan dengan kualitas dan material bangunan rumah yang dipesan selama masa pemeliharaan 3 (tiga) bulan dari masa serah terima
  4. PT DAS selaku developer GDC memberikan kompensasi yang sewajarnya atas kerugian yang di alami oleh Konsumen yang di sebabkan mundurnya waktu serah terima rumah, besar dan bentuk kompensasi akan di bicarakan lebih lanjut

kurang lebih dua minggu dari pertemuan kedua, draft hasil pertemuan tersebut kita kirimkan ke PT DAS untuk segera di tanda tangani  di atas materai, karena memang kesepakatan yang di sepakati adalah demikian.  Tetapi yang terjadi  diluar kesepakatan yang ada, yaitu PT DAS memberikan surat balasan berupa “surat tanggapan” bukan surat pernyataan sesuai dengan janji mereka pada saat pertemuan kedua, dimana surat tersebut hanya berisikan beberapa point saja dari semua point yang telah di sepakati didalam pertemuan kedua,  di bawah ini adalah surat tanggapan dari PT DAS

tanggapan GDC pertemuan kedua 1

tanggapan GDC pertemuan kedua 2

Sampai tulisan ini di posting kami masih menunggu tanggapan dari PT DAS atas surat balasan yang telah kami kirimkan ke PT DAS, sebagai koreksi atas surat yang dikeluarkan oleh PT DAS, kami cuma berharap agar PT DAS dapat menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana, karena permasalahan sebenarnya cukup sederhana, bahwa konsumen ingin mendapatkan haknya yang telah tertunda terlalu lama, dan PT DAS “wajib” menyelesaikan dan menyerahkan rumah yang telah di jual kepada konsumen sebagai tanggung jawab dan kewajibannya.

diharapkan permasalahan ini dapat di selesaikan dengan baik dan menggunakan cara – cara yang menempatkan semua pihak menajadi pemenang

semoga ………….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: