kudhana file's

Motivasi Kerja

Posted by Kudhana pada Juli 14, 2009

motivation_372855Suatu hari di saat perjalan pulang kerumah dari bekerja, istri bercerita mengenai persoalan di Laboratoriumnya (baca: kantornya). Ia bercerita kalau salah satu produk yang di hasilkan oleh perusahaan kosmetik dimana ia bekerja di bawah departemen R & D (Research & Development) mendapatkan penghargaan nasional sebagai salah satu produk terbaik (best brand), kebetulan produk tersebut salah satu produk yang di kerjakan oleh divisi dimana istri merupakan salah satu personil didalamnya. Ia bercerita bahwa pada malam penerimaan penghargaan  kenapa tidak ada seorangpun dari divisi tersebut yang di ajak untuk menghadiri acara, ya paling tidak kepala divisi-lah, sebagai salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan atas prestasi yang di raih. Hal tersebut menurut istri ternyata telah cukup mengganggu motivasi para karywan lain dalam bekerja, karena mereka di anggap hanya sebagi karyawan kecil yang remeh, dimana tidak ada sama sekali perhatian dari perusahaan akan jerih payah mereka.

Motivasi atau dalam terjemahan bebasnya di wikipedia adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan, merupakan modal dasar bagi siapa saja baik seorang individu ataupun perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkannya. Tanpa motivasi yang kuat bukan mustahil bahwa tujuan yang telah di rencanakan tidak akan dapat tercapai. Motivasi juga sangat dipengaruhi oleh situasi sekitar, dimana lingkungan sedikit banyak akan berpengaruh dalam tingkat motivasi kita terhadap suatu hal. Begitu pula dengan motivasi kerja seorang pekerja, sangatlah dipengarui oleh lingkungan sekitar yang melingkupi pekerja tersebut, misalkan teman kerja yang mudah untuk di ajak kerja sama, ritme kerja yang memacu kreatifitas dan tidak monoton, suasana kantor yang nyaman dan fasilitas yang  mendukung aktifitas pekerjaan, Jika lingkungan sekitar mendukung aktifitas pekerjaan, maka tidak urung motivasi akan terangkat naik. motivasi kerja dapat  juga meningkat jika seorang pekerja didalam melakukan pekerjaannya mempunyai tujuan tertentu yang ingin di raihnya, misalkan promosi , kenaikan gaji atau bonus tahunan  yang hanya mungkin di dapat dengan pencapaian prestasi kerja. Bahkan tak jarang motivasi kerja dapat juga muncul didalam diri seorang karyawan hanya dengan di picu oleh karisma dari pimpinan langsung dari pekerja, dimana seorang pekerja merasa nyaman jika melakukan pekerjaan dengan orang tertentu sebagai atasannya, atau bisa juga dikarenakan kemampuan pemimpin dalam menghargai  karyawan. Tidak jarang motivasi karyawan timbul hanya dari sebuah ucapan terima kasih atau ungkapan dan pujian tulus atas hasil yang baik dari seorang pemimpin. Apalagi jika prestasi yang di raih disertai dengan bonus yang setimpal, maka akan semakin menambah kuat motivasi pekerja untuk berbuat dan bekerja dengan lebih baik.

Dari kasus yang di alami di kantor istri bisa dilihat bahwa usaha memotivasi pekerja dapat dilakukan dengan banyak cara tanpa melulu harus dengan menggunakan bonus yang besar. Cukup dengan sapaan dan pujian yang tulus bisa jadi pemicu motivasi kerja yang ampuh, dan yang paling penting adalah menghargai pekerja sebagai suatu kesatuan utuh didalam perusahaan serta tidak menganggap mereka sebagai alat perusahaan yang dapat di gantikan jika rusak tetapi menempatkan mereka sebagi aset perusahaan  yang harus di jaga serta dirawat agar dapat bekerja dengan baik. Seperti sebuah ungkapan bahwa perusahaan sama dengan mobil, dimana sebuah mobil tidak akan dapat berjalan dengan sempurna jika mobil tersebut kehilangan salah satu baut rodanya. Begitu juga di dalam pekerjaan, seremeh apapaun posisi pekerja dalam perusahaan yakinlah bahwa perusahaan tersebut tidak akan dapat bekerja dengan sempurna dengan hilangnya pekerja di posisi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: