kudhana file's

Ikatan Persaudaraan

Posted by Kudhana pada Juni 10, 2009

band of brothers”Mulai Hari ini sampai ke akhir Dunia. Kita akan selalu di ingat didalamnya…….. kita adalah  ikatan Persaudaraan.” kalimat pembuka lakon Henry V yang di tulis oleh William Shakespeare, pembuka buku tentang sejarah dari D-Day (ekpedisi penyerbuan di pantai Normandia) dalam permulaan perang dunia kedua melawan Jerman dibawah Nazi sampai selesainya perang dunia ke dua. Dua minggu yang lalu sewaktu jalan – jalan di toko buku Gramedia tidak sengaja saya menemukan sebuah buku yang menarik, judul buku itu adalah Band of Brothers karangan Stephen E. Ambrose, buku ini memang bukan buku baru, bisa dibilang buku ini termasuk buku  keluaran lama, karena terbit sekitar tahun 1990-an, tetapi entah kenapa terlihat masih ada daya tarik tersendiri yang di pancarkan untuk menarik saya membelinya dan membacanya. Memang sebelumnya saya sudah melihat Band of Borthers dalam versi film yang di sutradarai oleh sutradara kawakan sSteven Spielberg yang berkerja sama dengan aktor Tom Hanks, film ini merupakan ini salah satu favorit saya, disamping subyektifitas saya yang menganggap setiap film karya Steven Spielberg merupakan film yang bermutu untuk patut (baca: harus) di tonton serta dikoleksi, secara moral cerita pun film ini memang layak  untuk di tonton. Tetapi sayang setelah beberapa waktu mulai membaca versi buku dari Band of Brothers ini, terlihat banyak  bagian – bagian di buku  yang tidak terdapat di versi filmya, tetapi paling tidak secara garis besar alur cerita  dan tokoh – tokoh yang ada adalah sama.

Buku ini adalah salah satu dari ratusan buku yang menceritakan tentang kisah perang dunia kedua antara pasukan sekutu melawan jerman, tetapi dalam buku ini Stephen E Ambrose sang penulis menceritakan tentang perjalanan dan sepak terjang dari kompi E, resimen 506, lintas udara 101 pasukan Amerika  dari pantai Normandia sampai ke sarang elang Hitler. Buku ini juga menceritakan  para prajurit di dalam unit pemberani ini  yang bertepur, kelaparan, kedinginan, dan tewas, sebuah kompi yang layak memperoleh medali purple hearth. Buku ini disusun atas hasil wawancara penulis yang dilakukan berjam – jam dengan prajurit yang masih hidup  dan juga di ambil dari surat surat  serta catatan ketentaraan, dimana sering sekali penulis hanya mengutip catatan – catatan dan kalimat para prajurit itu secara langsung untuk di tempatkan pada bagian – bagian didalam buku ini .

Secara umum buku ini cukup layak untuk di jadikan koleksi karena isinya yang cukup akurat dan bisa di katakan merupakan otobiografi bagi sebagian orang yang pernah terlibat dalam perang dunia ke dua, hanya sekedar info saja bahwa pendaratan pertama di pantai normandia ini telah di peringati ke 65 kalinya

Satu Tanggapan to “Ikatan Persaudaraan”

  1. I have to thank you for the efforts you have put in writing
    this blog. I’m hoping to check out the same high-grade
    content by you later on as well. In fact, your creative writing abilities has motivated
    me to get my own, personal site now😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: