kudhana file's

Komplain Konsumen ………………..

Posted by Kudhana pada Juni 4, 2009

complaintSering sekali kita mendapatkan fenomena seperti ini, baik di surat – surat kabar, media elektronik, maupun di dunia maya. Komplain merupakan akibat yang di sebabkan ketidak puasan konsumen terhadap barang atau jasa yang di konsumsinya. Ketidak puasan konsumen ini bisa saja timbul di karenakan penyedia barang atau jasa yang di konsumsi tidak dapat memenuhi janji – janji yang diberikannya kepada konsumen atau konsumen merasa bahwa mereka tidak mendapatkan sesuai dengan apa yang mereka harapkan atas barang dan jasa yang mereka beli. Pembeli rumah misalnya, mereka akan komplain ke pihak developer pada saat mereka mendapatkan pembangunan rumah yang mereka pesan tidak sesuai dengan harapan yang mereka pikirkan atau pada saat seharusnya mereka sudah serah terima tetapi belum juga dilakukan proses serah terima, maka pembeli akan cenderung melakukan komplain kepada pihak developer.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan komplain ini, cara pertama yang paling sering di lakukan oleh para konsumen adalah mendatangi penyedia barang dan jasa secara langsung dan melakukan audiensi mengenai masalah yang di hadapi. Jika audiensi dengan penyedia barang dan jasa tidak membuahkan hasil, maka di lakukanlah cara kedua yaitu melayangkan surat komplain secara resmi mengenai masalah yang timbul kepada pihak penyedia barang dan jasa, kalau memang penyedia barang dan jasa merugikan banyak konsumen maka komplain jenis kedua ini bisa dilakukan secara kolektif. Cara ini biasanya cukup efektif untuk menekan penyedia barang dan jasa untuk segera menyelesaikan masalah yang timbul sehubungan dengan produknya. Dan jika ternyata kedua cara tersebut belum cukup efektif juga untuk menekan penyedia barang & jasa, cara ketiga adalah melakukan komplain secara terbuka melalui media, baik media cetak dan elektronik. Biasanya cara ketiga ini paling ampuh untuk “memaksa” pemberi barang dan jasa menyelesaikan permasalahannya. Karena dengan melakukan komplain terhadap suatu barang atau jasa secara terbuka di media cetak atau elektronik, secara tidak langsung merupakan “black campaign” bagi barang atau jasa yang dimaksud, yang pada akhirnya akan membuat calon customer lainnya berpikir dua kali untuk membeli atau memanfaatkan barang dan jasa yang di maksud.

Tetapi meskipun tidak puas akan barang atau jasa yang dikonsumsi, sebagai konsumen sebaiknya harus berhati – hati jika ingin melakukan komplain ke pihak penyedia Barang dan jasa atas pelayanan mereka, karena salah – salah komplain yang kita layangkan akan berbalik di gunakan untuk meyerang kita sendiri. Seperti kasus Prita Mulyasari karena melakukan komplain atas  “ketidaknyamanan” akan jasa yang diterimanya dengan cara mempublikasikan pengalaman yang di temuinya di media elektronik internet dengan harapan supaya tidak ada lagi pihak lain yang menjadi korban dan mengalami masalah yang sama. Tetapi apa lacur ternyata pihak penyedia jasa tidak cukup arif untuk menyikapi komplain terbuka tersebut yang pada akhirnya menggugatnya balik dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Secara hukum seorang konsumen di lindungi oleh undang – undang didalam UU No.8 Th.99 tentang Perlindungan Konsumen yang secara jelas memperlihatkan antara hak dan kewajiban seorang konsumen dengan penyedia barang dan jasa, didalamnya juga diatur mengenai penyelesaian masalah yang timbul antara konsumen dan penyedia barang dan jasa. Jadi jika ingin menjadi konsumen yang baik silahkan baca dan pelajari UU perlindungan konsumen terlebih dahulu,  kemudian kumpulkan semua bukti dan buatlah catatan secara detail mengenai ketidak puasan kita akan barang dan jasa yang kita konsumsi sehingga jika suatu saat jika kita mendapatkan permasalahan dengan pihak penyedia barang dan jasa sehubungan dengan produk mereka, dan yang pada akhirnya memakasa kita untuk melakukan kompalin atas barang dan jasa yang di sediakan, maka kita akan mempunyai cukup bukti untuk melakukan komplain, dengan begitu kita sebagai konsumen sudah menyikapi permasalahan yang timbul secara bijak  karena telah melakukan komplain yang bertanggung jawab.

Nah, Siapkah anda untuk melakukan komplain ……………….?

2 Tanggapan to “Komplain Konsumen ………………..”

  1. Ono Gosip said

    BREAKING NEWS !!!
    JAKSA AGUNG MEMERINTAHKAN MEMERIKSA PARA JAKASA YANG MENUNTUT PRITA, YANG MENURUTNYA
    TIDAK PROFESIANAL.

    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:
    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

  2. Ono Gosip said

    HASIL DENGAR PENDAPAT KOMISI IX DPR DGN MANAGEMENT RS OMNI:
    1. KOMISI SEMBILAN TIDAK PUAS DENGAN JAWABAN DARI PIHAK RS OMNI
    2. MENGUSULKAN PENCABUTAN IZIN OPERASIONAL RS OMNI
    3. MENCABUT TUNTUTAN RS OMNI KEPADA PRITA MULYASARI
    4. RS OMNI HARUS MINTA MAAF SECARA TERBUKA KEPADA PRITA MULYASARI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: