kudhana file's

Cergam jadul

Posted by Kudhana pada Juni 4, 2009

book 17Cergam atau cerita bergambar, sebagian orang menganggap bahwa cergam adalah khusus untuk konsumsi anak – anak saja, tetapi bagi sebagian orang cergam adalah salah satu bagian hidup. Pendapat saya pribadi, cergam sangat berbeda dengan komik, cergam memiliki dimensi yang lebih besar di banding komik, memang sih kedua – duanya merupakan cerita bergambar, tetapi bagi saya membaca dan mengkoleksi cergam lebih mengasyikkan dibandingkan dengan membaca dan mengkoleksi komik, sehingga bagi saya cergam adalah salah satu penghilang stress dan merupakan “time Machine” untuk melompat ke kenangan masa kecil .

Saat ini cergam sangat banyak beredar di Indonesia, sejak tahun 80-an banyak sekali cergam – cergam dunia membanjiri negara kita, dimulai dari kisah petualangan Tintin yang legendaris di seantero jagad, Petualangan Asterix dan Obelix sahabat setianya, kisah si Janggut Merah, Petualangan Tanguy & Laverdure, Lucky Luke dan masih banyak yang lain. Cergam – cergam tersebut rata – rata mulai booming di tahun 80-an, disaat itu hampir semua anak usia sekolah mengenal karakter tokoh – tokoh cergam tersebut.

Sayang banyak dari cergam tersebut sudah tidak diterbitkan kembali pada saat ini, entah karena perusahan penerbitnya sudah gulung tikar ataupun memang sudah tidak ada judul kelanjutan dari cergam – cergam lama tersebut. Dari cergam jadul itu ada beberapa yang masih tetap menjadi idola sampai saat ini, semisal Tintin dan Asterix, kedua cergam ini adalah salah dua dari cergam cergam jadul yang masih memiliki penggemar setia hingga sampai saat ini. Mungkin generasi saat ini tidak cukup mengenal Tintin, tetapi bagi angkatan th 80-an yang notabene sekarang sudah beranjak usia 30 -an cergam Tintin masih memiliki tempat di hati bagi penggemarnya. Termasuk saya, hampir selama beberapa tahun ini saya berburu buku cergam Tintin untuk melengkapi koleksi cergam Tintin saya.  Sayang masih saja saya belum mampu melengkapi cergam yang berkisah tentang wartawan muda “le petit” ini. Saat ini kisah petualanganTintin sudah mulai di terbitkan kembali, tetapi cergam Tintin edisi baru tersebut diterbitkan oleh  Gramedia dengan dimensi yang lebih kecil, sangat berbeda dengankisah petualangan Tintin terbitan Indira yang menggunakan dimensi lebih besar. Secara umum bagi pecinta Tintin “edisi” tahun 80-an akan cenderung mencari dan  mengkoleksi Tintin terbitan Indira ini, karena memang cergam terbitan Indira ini memiliki nilai historis yang panjang, selain cukup enak di baca, Cergam terbitan Indira ini cenderung dapat memutar balik nostalgia kita pada masa kanak – kanak. Untuk cergam asterix saya masih bisa bersyukur karena masih bisa mengumpulkan seluruh judul yang pernah di terbitkan hehehehehe. Memang untuk cergam Asterix, sampai saat ini masih ada versi yang baru alias masih di terbitkan, tetapi tetap saja sepertinya tidak puas jika tidak berburu dan memilki cergam Asterix dengan terbitan tahun 80-an.

sebenarnya masih banyak cergam -cergam jadul yang menurut saya pantas untuk di koleksi, dan memang cergam – cergam jadul ini sangat sayang jika hanya di telantarkan, selain untuk koleksi bacaan bagi anak – anak kita,  semakin lama nilai jual dari cergam – cergam jadul ini juga semakin mahal dikarenakan semakin langkanya cergam tersebut di pasaran, ditambah lagi dengan munculnya komunitas – komunitas penggemar cergam jadul, semakin mendongkrak harga dari cergam – cergam yang ada, maka mulai dari sekarang silahkan periksa dan cek gudang anda, tetangga anda, atau siapa saja …………… adakah cergam jadul nyempil di antaranya, kalau ada cepat – cepat selamatkanlah aset berharga terserbut,tidak ada yang tahu harga sebuah cergam jadul di kemudian hari

I love my ” cergam jadul” collection ……………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: