kudhana file's

Sambel Tumpang Khas Salatiga

Posted by Kudhana pada Juni 1, 2009

maem yukSalatiga, kota kelahiran dengan banyak kenangan, ya maklum saja saya di lahirkan dan di besarkan di kota ini. Berat rasanya meninggalkan kota kelahiran ini,  salah satu alasannya adalah menu makanan khas salatiga yang beraneka ragam. Banyak sekali menu – menu masakan dari salatiga yang benar – benar  “ngangeni”, misalnya soto ayam, nasi goreng pete, gudeg, tahu campur, gecok kambing, dan satu masakan yang tidak bisa hilang dari ingatan saya yaitu “Sambel Tumpang”.  Tidak di pungkiri banyak sekali sambel tumpang yang berasal dari berbagai daaerah semisal sambel tumpang dari solo, kediri dsb, tetapi menurut saya pribadi tidak ada sambel tumpang lain yang bisa mengalahkan rasa dari sambel tumpang “khas” salatiga ini, terlebih – lebih sambel tumpang buatan ibu saya sendiri, wuih ndak ada duanya hehehehehehe. Dan kebetulan sekali karena belum juga mendapatkan “rewang” untuk si kecil meskipun sudah announce kesana kemari, maka berkorbanlah ibu saya datang jauh – jauh dari salatiga untuk momong Krishna cucunya, wah kesempatan nih, bisa nitip bawa lambe sapi dari salatiga dan ta suruh buatkan sambel tumpang kesukaan saya yang sudah lama ndak pernah kudapatkan. Alhasil  akhirnyahampir 2 minggu berturut – turut ibu memasakkan kami sekeluarga sambel tumpang hehehehehe meskipun istri ngomel dengan menu masakan yang sama, saya tetep cuek  kapan lagi makan makanan kegemaran.

banyak yang bilang bahwa sambel tumpang khas Salatiga berisikan koyor, kikil dan sebangsanya. Untuk sambel tumpang sendiri bumbunya terdiri dari cabe, bawang merah, bawang putih,  sereh, kencur, daun jeruk ditambah bumbu rahasianya yang terdapat pada tempe bosok (busuk)  yang di campurkan di dalamnya. Tempe yang dugunakan harus di pilih yang benar – benar busuk, tidak hanya semangit saja, karena dari tempe bosok inilah aroma khas sambel tumpang  akan tercipta. Selain dari tempe bosok yang dicampurkan dalam pembuatan sambel tumpang ini, masih ada bahan lain yang menambah kekhasan sambel tumpang salatiga ini, bahan yang dimaksud adalah lambe (bibir)  sapi yang di gunakan sabagai bahan yang akan di masak di campur dengan tahu dan tempe yang masih segar ( belum busuk) maka semakin sempurnalah sambel tumpang dari salatiga ini, dan menurut saya bahan inilah yang membuat sambel tumpang salatiga menjadi khas dan tidak ada duanya apalagi sambel tumpang lambe dinikmati dengan karak kedelai wuih uenak tenan  hehehehehehe…….

Penjual sambel tumpang favoritku di salatiga adalah di  yu Qoriah (bener gak ya nulisnya), dulu beliau berjualan sambel tumpang di dalam pasar salatiga, menurutku sambel tumpang yu Qoriah tidak ada yang menandingi ( selain buatan ibuku hehehehe……..), sambel tumpangnya benar – benar mirip sambel, kuahnya merah mengangah tetapi bila di cicipi tidak sepedas yang di bayangkan, kemudian bahan sambel tumpangnya yang berupa lambe sapi, sangat lunak sekali tetapi tidak hancur karena dimasak, inilah yang membuat aku selalu ketagihan untuk makan sambel tumpang qoriah, jadi sebenarnya tidak benar kalau sambel tumpang khas salatiga bahan yang di gunakan adalah kikil atau sebangsanya. tapi sayang yu qoriah sekarang sudah tidak ada, dan kalau tidak salah tidak ada yang meneruskan usaha beliau, jadi sedih juga karena salah satu makanan favoritku sudah tidak ada yang jual menurut ibuku masih ada penjual sambel tumpang yang enak selain yu qoriah yang berada di daerah ksatrian 411 salatiga tapi sayangnya aku belum pernah mencobanya, ya sudah lah kembali makan sambel tumpang made in ibu juga gak papa kan masih sama enaknya hehehehehe…………..

Memang banyak versi yang mengklaim bahwa sambel tumpang adalah makanan khas dari daerah a, b atau c, tapi menurut saya pribadi sambel tumpang adalah masakan khas salatiga karena dari kecil saya telah mengenal dan menggemari masakan ini ditambah lagi keterangan dari ibu saya yang mengatakan bahwa beliau sudah mengenal sambel tumpang khas salatiga ini semenjak beliau masih kecil juga, terlepas darimana aslinya asal muasal sambel tumpang, tidak di pungkiri bahwa sambel tumpang merupakan salah satu makanan khas daerah yang memliki segmen penggemar sendiri dan salah satu wisata kuliner yang patut untuk di nikmati nyam ….nyam…nyam

jadi pengen makan sambel tumpang lagi………………..ibuk masake sambel tumpang neh yo………………………….

14 Tanggapan to “Sambel Tumpang Khas Salatiga”

  1. Rosaline Mey Line said

    makasih untuk resepnya….. aku coba deh…. masalahnya itu masakan yang bisa aku makan disalatiga karena murah dan uenak tenan…. sekarang aku jauh disebrang pulau jawa…. dan disini tidak ada yang jual sambel tumpang…..ooooo apalagi koyor reksa…. nasi goreng babat pete jalan pasar sapi…. terus soto esto…… duh ngangeni tenan……

  2. andry said

    saya juga penggemar berat sambel tumpang, tapi semenjak ibuku almarhum tidak bisa lagi menikmati sambel tumpang. sudah lama saya hunting sambel tumpang di jakarta, tapi belum menemukan juga. bagi infonya apa bila rekan 2x dr salatiga menemukan sambel tumpang di jakarta ini

  3. wati said

    Salatiga emang ngangeni banget, waktu masih sd sampe sma mesti beli bubur koyor (bubur yg lauknya sambel tumpang koyor) bu?… (lupa).sampe sekarang belum pernah ketemu sayur tumpang koyor yg seenak itu. Pernah tingal di ambon sekitar tahun 1989, dan ngidam sambel tumpang, jadinya ibuku kirim tempe seger dan bumbu2nya, termasuk krecek.sampe di ambon, tempe yg berbungkus daun itu pas busuk…karena gak ada tahu kulit, terpaksa tahu putih aku goreng trus masukin air.Lumayan….
    Salatiga emang gudangnya makanan enak…..

  4. Lucia tutut said

    Ya ya ya..suruh milih sambel tumpang atau pizza hut..udah jelas sambel tumpang tho yo..
    Biasanya 3 hari sblm mudik aku bilang ke ibukku..’ibuk masake sambel tumpang ya..aku meh mudik..’
    Aku pernah ketemu yg jual sambel tumpang..ada di kota wisata cibubur..itupun cuma buka di hr sabtu dan minggu..
    Tp ya gitu deh rasanya..ya itung2 tombo pengen lah..
    Akupun kalo pas lg pengen maem rela menempuh perjalanan jauh tangerang cibubur hanya demi sepiring sambel tumpang..maklum lah aku gak bisa masak dan itung2 wisata kuliner..

  5. Widya said

    di jakarta banyak warga salatiga yang pada kangen sambel tumpang, di jakarta ada beberapa tempat yang jualan tp berupa sambel jadi tanpa kuah tanpa tahu dan koyor, katanya sambel tumpang kediri. saya ok juga masak sambel tumpang, tapi masalahnya saya ngga tau koyor tuch kalo di jakarta namanya apa yha… terpaksa dech tanpa koyor … diganti sama daging sandung lamur, tapi kurang sedepppp

  6. di jakarta mana ya yg jual???? ojo mengen2ni to yo…ngiler ki hahahahaha😀

  7. Astrid said

    ada kok pak yang ganti kalo gak salah putrinya, kalo dulu bu kori nya jualan dari jam 2siang anaknya dari pagi
    tapi rasanya gak semantap punya bu kori..kira2 di jakarta bisa nemu dimana ya? sambel koyor lambe ini …

  8. widya said

    klo aku paling seneng sama jangan yumpang buatan mbah sumini yang dulu di depan SD Sidorejolor 5, biasane dikasih sedikit serundeng sama sedikit pecel. klo ga mau koyor kadang dikasih telur bebek gt. warnane merah mengangah gt,tempenya buat sendiri.dulu jualane di bawah jalan (jeglongan) di sebelah PLN.tp sayange ud meninggal.sekarang anake yg jualan tp rasane ya ga semantep mbah sumini

  9. Vidy said

    sambel tumpang emang sip tenan, meskipun di bekasi saya tetap sering bikin sambel tumpang kesukaan suamiku yg asli Salatiga, tapi sayang di bekasi nggak ada yang jual lambe sapi kayak di pasar gede Salatiga, ya udah kasih krecek aja nggak apa-apa.

  10. Alex win gndt said

    wah teringat aq smk dulu,makan koyor di terminal pasar sapi…ga tau skrg masih ada yg jualan ga…

  11. fatchur said

    cuit…ciut…., walaupun Istriku asli Betawi, tapi sudah les private bikin sambel tumpang di kampung halaman, Salatiga .,.., jadi ya.. lumayan lah…, yang belum kebagian sambel tumpang di Jakarta, ayo mampir rumahku…hehehehhe

  12. Benedicta Dwi Mintasih said

    saya sering masak sambelalatiga mau pake lambe sapi atau krecek ???? datang saja kerumahku (Dwi wong Gendongan kidul) sekarang
    di bekasi gratisssss

  13. sri hermawanto said

    sambel tumpang bu qoriah masih ada sampe skrng…skrng jualan di ruko pujasera paling atas “WARUNG MAKAN SAMBEL TUMPANG BU QORI”….sampe skrng masih buka dari jam9 pagi ampe slese…..

  14. sri hermawanto said

    silahkan kalo bpk/ibu mampir ke sala3 boleh mencicipi sambel tumpang bu qori…biarpun bu qori yg asli uda meningal tetapi generasi masakan sambel tumpang khas sala3 skrng dikelola anaknya bu amin…..yg skrng buka di jln jend.sud pertokoan pujasera paling atas…..ni ada nmr tlpnnya.: 085740208789/087700582776

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: