kudhana file's

Cergam Asterix koleksiku

Posted by Kudhana pada Mei 19, 2009

asterix 2 Asterix, jika saya mendengar nama itu maka yang terlintas di pikiran saya pertama kali adalah  buku cergam tahun 80an, yang sempat menjadi idola anak – anak dimasa itu termasuk saya. Ya, Asterix adalah sebuah karakter komik yang diciptakan oleh Rene Goscinny & A. Uderzo dan menjadi terkenal di Indonesia sekitar tahun 80an melalui menerbit PT Pustaka Sinar Harapan ini

Sampai saat inipun saya masih mengkoleksi cergam petualangan asterix ini, ada 30 judul kisah petualangan yang sudah memenuhi almari penyimpanan cergam jadul saya, memang bukan pekerjaan yang mudah mengumpulkan cergam jadul ini. Disamping sudah tidak diterbitkan lagi (mungkin) oleh penerbitnya, banyak juga penikmat buku seperti saya yang memburu cergam asterix ini, baik untuk koleksi pribadi maupun dengan niatan untuk dijual kembali. Memang berburu cergam jadul sama halnya dengan memburu buku lama dan langka, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk mau keluar masuk ke pasar buku dan pasar loak.

Cergam asterix bekas, jika kita menemukannya di tukang loak ataupun di toko buku bekas mungkin tidak memiliki nilai jual yang terlalu tinggi,  sering saya mendapatkan cergam – cergam asterik lama teronggok di toko buku bekas hanya di hargai tidak lebih dari 5 ribu rupiah saja perbuah. Tetapi begitu kita mencari cergam ini di internet atau di situs – situs yang khusus menjual buku – buku jadul, maka kita akan mendapatkan harga cergam tersebut menjadi berlipat ganda. Memang merupakan suatu kenikmatan tersen diri (khususnya bagi saya) jika dapat menemukan dan membeli cergam – cergam asterix  dari toko – toko buku bekas dengan harga yang relatif murah juga, seperti menemukan durian jatuh hehehehehehe (padahal belum pernah menemukan durian jatuh).

Pada intinya dengan mengoleksi cergam jadul ini, saya sering dapat bernostalgia dengan masa kecil saya, dimana saat itu saya hanya mampu meminjam cergam – cergam tersebut dari teman, tanpa pernah bisa membelinya, dan sekarang saya berusaha untuk mengupulkan cergam asterix itu selengkap mungkin agar nanti bisa saya wariskan ke anak saya yang masih kecil hehehehehehehehehe

Tinggalkan Balasan

 
