kudhana file's

GDC: serah terima rumah yang tertunda ……………………(2)

Posted by Kudhana pada Mei 9, 2009

Sambungan GDC: Serah terima Rumah yang tertunda …………….

Setelah menyetujui opsi pemindahan pemesanan rumah di Cluster Jasmine E2/12a, saya pikir tidak akan ada lagi permasalahan di dalam pembangunan rumah tersebut, karena memang pada saat proses perpindahan pemesanan tersebut, pembangunan rumah di Jasmine E2/12a sudah sampai proses penggalian untuk pondasi rumah. Kami berpikir bahwa rumah akan tetap bisa kami tempati sesuai dengan rencana yang telah kami susun. Progress pembangunan memang bisa di katakan cukup cepat, karena sekitar pertengahan bulan september 2008 rumah yang saya pesan sudah dalam proses pembangunan dinding dan pemasangan kusen – kusen jendela dan pintu,  kemudian dilanjutkan bulan november 2008 progress pembangunan rumah sudah sampai pada pemasangan atap dan genting serta dinding dalam dan luar sudah mulai dilepo dan di aci. Sampai akhir november 2008 kami sudah mulai melakukan komplain ke pihak developer, kapan kami rumah bisa di serah terimakan, karena menurut janji developer rumah sudah akan bisa di tempati paling lambat 12 bulan dari uang tanda jadi kami serahkan. Tapi pada saat itu kami belum sepenuhnya komplain karena kami juga berpikir bahwa di dalam perjanjian pengikat jual beli (PPJB) yang di tanda tangani notaris menyebutkan bahwa serah terima rumah harus dilakukan paling lambat 12 bulan dari akad kredit atau PPJB tersebut di tanda tangani.

Untunglah semenjak agustus 2008 setelah melihat perkembangan pembangunan rumah yang penuh dengan ketidak pastian, saya mulai mencari – cari komunitas yang khusus membahas perumahan Grand Depok City, dengan maksud mencari tahu apakah ada rekan konsumen  lain yang memiliki masalah yang sama dengan saya. Akhirnya  kami menemukan milis yang membahas mengenai perkembangan perumahan Grand Depok City di komunitas Grand Depok City, dimana semakin hari komunitas ini semakin berkembang menjadi semakin besar. Sambil terus menerus melakukan komplain ke pihak developer, kami juga menshare masalah kami ke komunitas yang kami ikuti, ternyata di dalam komunitas tersebut banyak sekali rekan – rekan yang memiliki masalah yang sama dengan kami, saya sempat seneng juga mendapatkan rekan yang senasib dan bisa di ajak berdiskusi mengenai masalah ini. Sementara itu pembangunan pada bulan Desember 2008 sampai sekitar bulan maret 2009 “nyaris” berhenti, alias tidak ada progresss sama sekali, khususnya di rumah yang saya pesan. Memang pada saat itu bertepatan juga dengan resesi yang melanda negara Amerika dan berdampak ke dunia, sehingga pada akhirnya “mungkin” developer juga terkena imbas dari resesi tersebut. tetpai itu adalah resiko dari developer dimana mereka masih memiliki tanggungan kontrak yang harus di pernuhi dengan konsumen.

Kompalin pribadi tetap kami kirimkan ke pihak developer karena batas waktu serah terima sesuai dengan PPJB yang kami miliki telah mendekati batas waktu  serah terima rumah yang kami pesan, memang tidak dipungkiri komplain yang kami layangkan ke pihak  developer ditanggapi dengan baik oleh mereka, tetapi sayang tidak ada tindak lanjut yang berarti dari kompalin – komplain kami, dan cenderung tetap tidak ada progress yang signifikan di rumah yang kami pesan, bisa dikatakan sampai dengan batas waktu serah terima, rumah kami masih dalam tahap setengah jadi, dan kami tidak pernah tahu sampai kapan rumah kami akan di serah terimakan.   Setelah berdiskusi panjang lebar dengan rekan – rekan yang tergabung di komunitas Grand Depok City kami bersepakat untuk melakukan dan mengirimkan komplain kolektif  kepihak developer, dangan salah satu isi komplain adalah serah terima rumah yang tertunda …………….

Akhirnya setelah mengetahui bahwa surat komplain yang kami layangkan bersifat kolektif (ditanda tangani banyak konsumen) pihak developer bersedia menemui kami pada tanggal 02 mei 2009, yang menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya adalah serah terima rumah yang tertunda akan segera dilakukan paling lambat bulan Juli 2009. Inilah komitmen dari developer yang selama ini kami tunggu – tunggu dan yang telah membikin saya senewen dengan masalah serah terima rumah ini

huh, ternyata rencana yang telah kami susun jauh – jauh hari berantakan juga, dalam pikiran sudah berangan – angan bahwa paling lambat bulan february 2009 sudah dapat menempati rumah sendiri, sehingga dapat menghemat ongkos kontrakan dsbnya, tetapi kenyataannya tidak demikian halnya

hanya Tuhan dan pihak developer yang tahu kapan serah terima rumah kami akan berlangsung

2 Tanggapan to “GDC: serah terima rumah yang tertunda ……………………(2)”

  1. […] bersambung GDC: Serah terima Rumah yang tertunda …………….(2) […]

  2. whoah this weblog is excellent i love studying your
    articles. Keep up the great work! You understand,
    lots of persons are looking round for this info, you can help them greatly.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: