kudhana file's

Sphere (Bola Asing)

Posted by Kudhana pada Agustus 8, 2008

Satu tim peneliti di turunkan ke dasar samudera pasifik untuk meniliti sebuah kecelakan pesawat yang menyebabkannya tenggelam di dasar samudera. Tim yang terdiri dari orang – orang yang memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian berbeda memandang objek kecelakaan tersebut dengann sudut pandang yang berbeda juga. Memang identitas dan kenyataan dari obyek pesawat yang diteliti sempat ditutup – tutupi oleh pihak angkatan laut AS, tetapi pada akhirnya dengan melihat fakta yang ada, mereka menjadi tahu bahwa pesawat yang mereka teliti tersebut adalah sebuah pesawat luar angkasa yang memiliki teknologi yang berasal dari masa depan, tetapi pesawat tersebut sudah tenggelam di dasar samudra pasifik selama kurang lebih 300 tahun yang lalu.

Norman salah satu anggota tim peneliti tersebut yang merupakan seorang psikolog, dimana dia dipercaya untuk meniliti kemugkinan manusia untuk bertemu dengan entitas lain dari luar bumi, secara tidak sengaja ikut terlibat dalam proyek ini. Dimana ia dan anggota tim peneliti lainnya harus masuk kedalam obyek penelitiannya dan menemukan sebuah bola padat yang terbuat dari logam yang tidak diketahui komposisi dan asalnya. Dari sinilah petualangan mereka di mulai. Setelah mereka menemukan bola asing tersebut dan berusaha untuk mengetahu lebih jauh mengenai bola misterius tersebut secara tiba – tiba mereka dikejutkan dengan banyak sekali peristiwa – peristiwa aneh yang muncul secara mendadak di lingkungan habitat mereka. Selama penelitian mereke bertempat tinggal di dalam habitat yang berada di dasar samudra pasifik sedalam 300 meter.

Satu persatu anggota tim peniliti ini menemui ajal dengan cara yang sangat mengerikan . Dimulai dari diserang oleh kawanan ubu – ubur, ular laut sampai dengan cumi -cumi raksasa. Selain serangan oleh para mahkluk laut yang ganjil tersebut, tim peneliti juga berhasil berhubungan dengan bola misterius tesebut dengan cara kontak melalui komputer mereka, dimana diketahui bahwa bola tersebut memeliki emosi yang tidak stabil. Sehingga pada awalnya mereka menarik kesimpulan bahwa semua kejadian aneh ini disebabkan oleh bola misterius tersebut. Setelah mengalami banyak hal yang mengerikan didalam habitat mereka akhirnya hanya tersisa 3 peneliti yang dapat berhasil bertahan hidup, Norman yang merupakan ahli psikologi akhirnya menemukan jawaban dimana aspek emosi dan ketakutan yang dihasilkan oleh para peneliti sendirilah yang menyebabakan kecelakaan tersebut. Dimana semua orang yang telah berhubungan dengan bola misterius tersebut mempunyai kekuatan untuk dapat merealisasikan segala imajinasi mereka, termasuk ketakutan – ketakutan mereka yang paling dalam. Dan secara tidak langsung novel ini juga menggali serta mengisahkan tentang kekuatan dari otak manusia, dimana masih bayak sekali bagian – bagian dari otak manusia yang masih terselimuti misteri dan kekuatannya yang belum bisa dimanfaatkans oleh manusia.

Novel karangan Michael Crichton ini cukup bagus untuk dinikmati, seperti kebanyakan novel – novelnya yang lain yang merupakan novel science fiction, di novel ini pun kaya sekali dengan fakta – fakta mengenai ilmu pengetahuan baru, akan sangat menarik bagi para pembaca yang menyukai akan konsep – konsep ilmu pengetahuan baru dan teori – teori akan science fiction. Tetapi di dalam nvel ini terdapat beberapa beberpa hal yang menimbulkan banyak pertanyaan, semisal dari mana sebenarnya pesawat yang membawa  bola asing tersebut dimana tidak diceritakan secara mendalam mengenai pesawat membawa bola asing tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: