kudhana file's

Kisah 47 Ronin

Posted by Kudhana pada Juni 14, 2007

47 roninBermula dari peristiwa dimana lord Asano dari Ako yang terlibat perselisihan dengan pembawa acara shogun Edo lord Kira, dimana pada akhirnya terjadilah kekerasan dengan menggunakan senjata yang mengakibatkan lord Kira terluka. kejadian tersebut menyinggung perasaan shogun Edo yang pada waktu itu memberlakukan suatu aturan yang mengharuskan tidak adanya lagi kekerasan dengan menggunakan pedang yang pada akhirnya berujung pada kematian. Setelah mendapatkan pembawa acaranya terluka oleh karena pedang samurai dari lord Asano, shogun menjatuhkan hukumaan mati kepada Lord Asano melalui upacara seppuku dan seluruh kekayaannya disita oleh shogun. Peristiwa ini membuat berang para samurai pengawal Lord Asano di Ako, yang menganggap hal itu merupakan penghinaan Lord Kira terhadap junjungannya.
Para Pengawal Lord Asano ini dipimpin oleh seoran kepala pengawal senior bernama Oishi yang berniat untuk membalaskan dendam sakit hati tuannya kepada Lord kira. Disamping itu Oishi juga melayangkan surat protes kepad Shogun mengenai hukuman yang diberikannya kepada Lord Asano.
Dari sinilah dimulai cerita yang ada dimana didalam buku ini di ceritakan bagaimana martabat seorang samurai sejati serta sopan santun serta disiplin yang harus dijaga seorang ksatria, harus dikorbankan hanya untuk dapat mengecoh musuh dan mencapai tujuan.

Buku ini juga menggambarkan betapa rumitnya hubungan antar pribadi didalam tradisi Jepang kuno. Setiap orang mempunyai keinginan yang harus disesuiakan dengan keinginan atau tujuan dari golongan, dengan kata lain keinginan seseorang tidak boleh didahulukan sebelum kepentingan kelompok atau junjungannya terpenuhi. Buku ini menarik untuk di baca dan disimak tetapi sayang ending dari buku ini tidak seperti yang dibayangkan oleh pembaca pada awal memulai membaca.
Banyak hal yang dapat diambil dari buku ini, mulai dair kesetiaan, kesetiakawanan, keteguhan hati untuk mencapai tujuan serta pengorbanan tanpa batas bagi kebenaran atas keyakinan yang diyakininya, kesabaran dan perlunya kecermatan serta kecerdikan untuk dapat memecahkan masalah.

suwun
farid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: