kudhana file's

The Things They Carried

Posted by Kudhana pada Juni 8, 2007

buku_The_thingsthey_cfrontSuatu Kisah Pengalaman dari Tim O’Brien sang penulis dalam usianya yang baru menginjak kepala dua didalam perang Vietnam yang bukan merupakan pilihannya. Tim dikirim ke medan perang setelah ia menerima surat wajib militer yang mengharuskannya meninggalkan kehidupan dan keluarganya untuk berperang demi sesuatu yang tidak diperjuangkannya.
didalam perang tersebut dia tergabung dalam batalion Alpha Company bersama para pemuda Amerika lainnya yang senasib dengannya dimana mereka di wajibkan menjadi bagian dari perang yang bukan merupakan pilihan mereka. Tim mengisahkan tentang pasukan dimana ia bergabung di bawah pimpinan letnan satu jimmy fros, suka duka yang mereka temui di medan perang dimana satu persatu kawan mereka menemui ajal dengan berbagai cara, dan juga diceritakan juga kekejaman perang yang seharusnya tidak mereka jalani. Dibalik carut marutnya sebuah perang Tim juga mengangkat kisah – kisah kemanusiaan yang menyertai perang tersebut. Dimana perang membuat kepribadian dan pandangan orang berubah, dan dimana perang yang pasti akan mematikan impian, harapan bahkan hidup seseorang.
kisah persahabatan sejati dan kesetiakawanan juga diangkat oleh Tim didalam bukunya ini, dimana dalam kondisi terdesak dimana tidak ditemukan sedikitpun jalan keluar, dapat menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi antara sesama kawan.

Tetapi yang paling menonjol di dalam buku ini Tim O’Brien mencoba untuk mengungkapakan bahwa sifat asli seseorang akan muncul pada saat dimana orang tersebut berada dalam posisi paling beresiko, serta bagaimana perang telah merubah kehidupan seseorang yang terpaksa menjadi bagian dari pernag tersebut, dimana banyak sekalai depresi yang terjadi pada para pelaku perang itu sendiri.
Dimana ada kalanya “mental” para korban perang yang tidak terobati secara benar menyebabakan kematian diri mereka sendiri.
alur dari buku ini tidak terlalu cepat, melompat dari satu cerita ke cerita yang lain yang kadang – kadang tidak ada hubungannya antara satu waktu dengan waktu yang lain. Tim dengan gayanya mengajak pembaca untuk mengikuti sebagian kisah perjalanan hidupnya dan mendiskripsikan kekejaman, suka duka yang ia dan rekan – rekannya rasakan selama perang vietnam.
secara garis besar buku ini mengisahkan tentang perang vietnam yang pernah terajdi dan hal – hal apa saja yang membumbui perang tersebut sampai dengan suatu kesimpulan bahwa tidak ada hikmah yang diambil dari sebuah perang selain kepedihan dan kedukaan bagi siapapun yang terlibat di dalamnya

suwun
farid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: