kudhana file's

Berburu Buku

Posted by Kudhana pada Juni 7, 2007

book 20Buku adalah benda yang gampang – gampang susah di cari, gampang kita dapatkan bila mencari buku – buku baru jumlah terbitan yang banyak dan susah dicari jika judul yang diinginkan termasuk buku – buku lama dan langka yang dalam artian harafiahnya hanya dicetak dalam jumlah tertentu saja.
bagi seorang pecinta buku ataupun kolektor buku mungkin berapapun harga untuk sebuah buku tidak menjadi penting lagi, selama buku itu dapat memuaskan dahaganya akan pengetahuan yang didambakanya. Dibalik kenikmatan membaca dan memiliki sebuah buku yang paling menarik adalah usaha – usaha yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah buku tersebut, dimana sangatlah beragam cara – cara yang dipergunakan oleh para pecinta buku ini, Dari berburu di toko – toko buku terkemuka sampai harus bermandi peluh berdesak – desakan di pasar – pasar loak khusus buku dan ada juga yang berburu buku secara online di internet di toko – toko buku online yang banyak tersedia. Disamping semua cara tersebut ada satu cara yang mungkin jarang orang lakukan yaitu berburu buku lewat email, dimana kita bisa mencari buku lewat mailing list mailing list yang tentunya dikhususkan untuk pecinta dan penikmat buku saja.

Tetapi yang perlu diingat dalam berburu buku, tentu saja adalah ketersediaan dana untuk membeli buku itu sendiri serta harga buku di masing – masing tempat penjualan buku.misalnya di toko buku besar semacam gramedia atau gunung agung, dari tempat ini kita bisa membeli buku – buku yang kita inginkan, dimana biasanya di tempat – tempat ini buku – buku tersebut dijual dengan harga yang cukup tinggi. Tetapi kelebihannya kita bisa mendapatkan buku – buku baru yang kita temui.
Akan berbeda bila kita memburu buku di Pasar loak khusus buku dimana bila kita cukup jeli maka kita bisa mendapatkan buku bagus dengan harga yang murah, atau bahkan kita bisa mendapatkan buku langka dengan harga yang relatif terjangkau. Tetapi kelemahan di tempat ini, kadang ita tidak bisa mendapatkan buku yang kita inginkan, cuma tidak perlu khawatir, karena setelah kita berada di tempat tersebut biasanya kita akan mendapatkan buku yang mungkin tidak kita inginkan tetapi menarik perhatian kita.
Yang perlu dicermati dari buku – buku di pasar loak buku ini selain tua kadang banyak buku yang tidak terawat atau dengan kata lain kualitas dari buku – buku di pasar loak ini tidak dapat dipertanggung jawabkan, disamping itu kita harus jeli dalam menilai harga dari sebuah buku. Diusahakan survey harga buku yang ada dahulu sebelum membeli ke pasar loak sehingga pada saat kita menemukan buku yang kita inginkan kita bisa menawar dan pada akhirnya dapat membeli dengan harga yang pantas

Cara lain yang mungkin sedikit dilakukan adalah berburu buku lewat dunia maya atau internet. Membeli buku di internet gampang – gampang susah, mudah jika kita sudah tahu toko buku online yang bagus dan murah. Bila kita ingin membeli buku online, pastikan kita mensurvei harga buku tersebut di lebih dari satu toko buku online yang ada.
karena satu toko buku online kadang memberikan discount yang lebih tinggi di banding dengan toko buku online yang lain. Inilah kelebihan dari toko buku online, dimana potongan harga akan selalu diberikan setiap saat besarnya antara 15% sampai dengan 30%. Sangat berbeda dengan toko buku reguler dimana potongan harga hanya akan diberikan pada saat – saat tertentu saja. Tetapi yang perlu dingat adalah ongkos kirim dari buku yang kita beli, karena biasanya toko buku online menarik ongkos kirim dari pembeli. Jika kita berada satu kota dengan menyedia toko buku online maka ongkos kirim tidak akan menjadi masalah, tetapi akan sangat berbeda dengan konsumen yang beasal dari luar daerah, dimana ongkos kirim bisa jadi akan menjadi lebih mahal.
Kelemahan dari membeli buku di toko buku online ini adalah kita tidak bisa mencek fisik dari buku yang akan kita beli.
Selain berburu di toko buku online ada cara lain yang mungkin jarang dilakukan, yaitu berburu buku di mailing list khusus pecinta buku. Di milis – milis pencinta buku ini kadang ada beberapa anggota yang melepas koleksi mereka, dan biasanya mereka menjual buku – buku tersebut dengan harga yang murah, tetapi kita harus jeli dan setiap saat harus cermat jika ada penawaran buku – buku yang akan dijual.
Karena disamping peanawaran buku tidak setiap saat ada, buku – buku yang ditawarkanpun cenderung dengan cepat di beli oleh orang lain.

Jadi berburu bukupun sebenarnya merupakan seni tersendiri yang membutuhkan kesabaran dan naluri tertentu pula, dimana mendapatkan sebuah buku yang diidam – idamkan akan menjadi kepuasan tersendiri jika dalam mendapatkan buku tersebut membutuhkan proses yang menantang, jadi selamat membur buku idaman anda

suwun
farid

Satu Tanggapan to “Berburu Buku”

  1. Media Asri said

    Kami menyediakan beberapa koleksi yang mungkin anda cari silahkan cek di http://mediaasri.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: