kudhana file's

Samurai : Jembatan Musim Gugur

Posted by Kudhana pada Mei 31, 2007

Samurai jembatanJembatan Musim Gugur buku kedua Takashi Matsuoka,di dalam bukunya yang kedua ini diuraiakan lebih mendalam tentang perjalanan tokoh – tokoh yang telah dikenal dalam buku pertama, dimana dalam satu bagian buku ini diceritakan mengenai kehidupan Heiko di tanah baru Amerika bersama stark setelah dipisahkan oleh Genji dengan tanah kelahirannya, dan dikisahkan pula makoto stark seorang tokoh baru yang tidak di temui di buku yang pertama, dimana ia adalah ahli waris yang sah dari klan akaoka hasil hubungan Genji dengan Heiko.
Dalam buku ini masih banyak terdapat intrik mengenai percintaan, pengabdian dan pengkhianatan.
suasana yang dibawa oleh sang penulis dalam bukunya yang kedua ini akan sangat dirasakan berbeda sekali dengan buku petamanya.
dimana didalam buku pertama sangat terasa sekali bahwa pembaca dibawa oleh penulis untuk menikmati suasana Jepang pada masa peralihan dari jaman samurai ke jaman pertengahan, sedangkan di buku kedua ini penulis mengajak pembaca untuk menikmati suasana Jepang dengan segala inkulturisasi budaya yang telah ada di Jepang akibat masuknya budaya eropa.
didalam buku ini juga diceritakan penolakan akan budaya – budaya asing yang masuk dan terlihat juga pergolakan masyarakat atas perubahan pandangan dari masyarakat yang terbiasa dengan adat dan budaya yang kuno ke masyarakat dengan pandangan modern.

alur cerita dari buku kedua ini masih sama dengan buku yang pertama dimana penulis menyajikan buku ini dengan alur yang cepat, lincah meloncat – loncat dari satu masa ke masa yang lain, yang memaksa pembaca untuk berkonsentrasi didalam meyelesaikan buku tersebut.
masih sama dengan buku yang pertama dimana setiap bagian dari cerita meskipun sekilas tidak menunjukkan keterakaitan satu sama lain merupakan suatu kesatuan yang membentuk imajinasi pembaca.
yang paling menarik dari buku ini adalah ending dari cerita tersebut, dimana pembaca tidak diberikan fakta yang jelas mengenai akhir dari cerita ini.
setiap pembaca diberi kebebasan untuk mengambil kesimpulan sendiri atas cerita ini.
dengan kata lain buku ini adalah salah satu dari banyak cerita – cerita yang layak untuk dibaca dan dikoleksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: