kudhana file's

Kompor Lapangan

Posted by Kudhana pada Juli 14, 2009

Bagi seorang pendaki, memasak di ruangan terbuka jamak di lakukan pada setiap perjalanan dan pendakian yang dijalani. Tidak bisa dipungkiri kegiatan memasak di udara terbuka akan membutuhkan peralatan khusus memasak berupa kompor yang ringkas, ringan, mudah dipergunakan serta aman bagi pengguna, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa kompor lapangan adalah salah satu barang yang wajib di bawa di setiap kesempatan mendaki.  Sebenarnya banyak sekali pilihan kompor lapangan dengan bermacam – macam bahan bakar yang dapat di gunakan, namun pemilihan kompor lapangan sekali lagi tergantung dari kebutuhan pemakai di lapangan, meskipun tidak dapat di pungkiri bahwa masing – masing kompor lapangan memilki kelebihan dan kelemahan sendiri – sendiri.  Dibawah ini adalah beberapa contoh kompor lapangan yang sering di pergunakan didalam pendakian lengkap dengan beberapa kelemahan dan kelebihan dari masing – masing jenis kompor lapangan tersebut, sehingga dapat membantu kita untuk memilih kompor lapangan mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan kita

Kompor lapangan Minyak Tanah

Kompor Minyak Tanah

1. Kompor lapangan dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah adalah kompor yang biasa di pergunakan sebagai kompor lapangan untuk keperluan berkemah. kompor lapangan dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah ini pada umumnya masih dapat bekerja dengan baik di tempat yang tinggi dan di dalam temperature rendah.Biasanya kompor lapangan jenis ini cenderung tahan lama dan berat. Keunggulan dari bahan bakar minyak tanah ini adalah bahan ini memiliki tingkat panas yang tinggi sehingga memudahkan dan mempercepat dalam memasak, selain itu minyak tanah cenderung mudah di didapatkan dan murah. Kelemahan dari bahan bakar minyak tanah ini adalah berbau, kotor dan cenderung berbahaya.

Keuntungan dari kompor jenis ini adalah kita dapat mempergunakan kompor jenis ini jika kita melakukan pendakian di gunung es dengan suhu yang ekstrim karena kompor jenis ini satu – satunya kompor lapangan yang dapat di pergunakan di medan dengan suhu yang ektrim misalkan di Alaska, Antartika, Himalaya, musin dingin di Eropa Utara, selain itu jika kita tidak ingin kesulitan dalam mencari bahan bakar serta suka memasak makanan panas

kelemahan kompor ini sebagai teman perjalanan adalah  kebutuhannya akan perawatan berkala bahkan pada saat di lapangan, kompor ini masih tetap membutuhkan perawatan yang signifikan. bahan bakarnya  berbau, palagai jika minyak tanah yang dipakai tumpah ke peralatan yang lain serta mudah meledak. Jika kita mengutamakan berat beban yang akan di bawa maka kompor lapangan ini bukan merupakan pilihan tepat,dan  tidak suka bunyi berisik yang di hasilkan oleh kompor lapangan. Hasil pembakaran bahan bakarnya menghasilkan asap yang menyebabkan mata pedih

Kompor gas cair

Kompor gas cair

2. Kompor lapangan dengan menggunakan bahan bakar Gas Cair.  Kompor lapangan jenis ini biasanya cenderung menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, tetapi bahan bakar yang dipergunakan cenderung lebih mahal di karenakan bahan bakar yang dipergunakan disimpan di dalam tabung yang biasanya tidak dapat untuk diisi ulang sehingga jika satu tabung habis, maka kita harus membeli bahan bakar gas cair beserta tabungnya. Dengan kompor lapangan jenis ini besar kecil api sangat mudah untuk diatur sesuai dengan kebutuhan kita, kompor jenis ini juga cendrung bekerja dengan baik di tempat yang tinggi, tetapi kemungkinan besar tidak dapat di pergunakan di dalam temperature yang membekukan.

Beberapa keuntungan jika kita memilih kompor jenis ini sebagai kompor lapangan kita adalah banyak varian yang beredar di pasaran sehingga pilihan model kompor jenis ini semakin banyak pula, kompor ini menghasilkan panas yang tinggi, ringkas untuk di kemas, biasanya memilkinyala api yang lebih bagus di banding kompor lain, mudah dioperasikan, lebh cepat untuk memasak, tidak perlu membutuhkan perawatan khusus, menghasilkan pembakaran yang bersih, tidak berisik, serta tidak menimbulkan bau busuk.

Kelemahan dari kompor jenis ini adalah kaleng bahan bakar masih cukup berat sekitar setengah berat dari bahan bakar yang ada, tetapi tetap masih ringan di banding dengan tabung penyimpang bahan bakar pada kompor lapangan minyak tanah, tabung bahan bakar yang tidak bisa diisi ulang menyebabkan kita harus pandai merencakan berapa jumlah kaleng bahan bakar yang akan di bawa selama perjalanan, tidak dapat bekerja dengan sempurna di temperatur rendah, nyala api mudah terttiup oleh angin, sangat berbahaya jika kaleng bahan bakar rusak, serta kaleng bahan bakar yang masih dalam posisi terpakai atau tersabung dengan kompor akan susah untuk memisahkannya tanpa resiko hilangnya sebagian gas yang masih ada di dalam kaleng tetapi lebih berbahaya lagi jika tetap menyimpan kaleng dimana masih menempel di kompornya karena bisa menimbulkan kebocoran.

kompor alkohol

kompor alkohol

3. Kompor lapangan dengan menggunakan bahan bakar alkohol. Kompor lapangan ini sangat mudah di buat, kebanyakan kompor ini dapat dibuat sendiri. Kompor ini cendrung lambat jika di gunakan untuk memasak dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar di banding dengan kompor jenis lainnya. Pada umumnya kompor jenis ini dibuat dari bahan aluminium atau dari kaleng bekas minuman soda. Kebanyakan kompor jenis ini memiki berat hanya bebera ons saja. Kompor semacam ini susah di pergunakan di tempat dengan suhu yang dingin tanpa pelat isolasi atau pemanas tambahan.

Beberapa keuntungan jika kita mempergunakan kompor lapangan model ini adalah kompor ini sangat ringan karena hanya memiliki berat hanya beberapa ons saja, sangat mudah mengoperasikannya isi bahan bakar dan nyalakan tanpa harus memompa dsb, dapat di percaya dan di andalakan karena sebagian bear model dari kompor ini anti gagal menyala, tidak berisik, bahan bakarnya tidak mengotori dan tidak berbau jika tumpah mengenai peralatan lain, bahan bakar mudah di dapat bahkan hampir setiap toko menjual bahan bakar komoor ini, tidak membutuhkan perawatan dan penanganan khusus, aman karena bahan bakar tidak meledak dan mudah untuk di padamkan, bahan bakar sangat mudah untuk di kemas karena tidak membutuhkan tabung atau kemasan khusus cukup dengan botol bekas air mineral pun bisa,  kompor paling murah di antara kompor lapangan yang lain bahkan bisa gratis dengan menggunakan bahan – bahan bekas, kompor jenis ini adalah kompor yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar yang dapat di perbaharui (alkohol)

kelemahan dari kompor ini adalah jika dibandingkan dengan komor lapangan yang lain( minyak tanah, gas cair dll) panas yang di hasilkan oleh kompor ini hanya setengahnya saja dan tidak disarankan untuk group, perjalanan jauh (lebih dari satu dua minggu perjalanan), ataupun melelehakan salju jika kita melakukan pendakian gunung es. mengisi kembali ataupun menangani kompor jenis ini akan menjadi bahaya jika dilakukan di siang hari, karena nyala api tidak terlihat, cara beroperasi kompor jenis ini kebanyakan desain berdasarkan penguapan dari bahan bakar yang di pergunakan sehingga kadang tidak dapat bekerja dengan baik di lingkungan yang membeku, tidak banyak produsen yang memproduksi kompor lapangan jenis ini, sehingga produk pabrikan dari kompor jenis ini akan cenderung maha, daya tahan komor lapangan jenis ini yang cendrung pendek terutama kompor buatan sendiri

Kompor Paraffin

Kompor Paraffin

4.Kompor lapangan dengan menggunakan bahan bakar padat (paraffin), pada dasarnya kompor lapangan  ini dibuat hampir sama dengan kompor lapangan berbahan bakar alkohol, bahkan ada kompor yang di buat untuk dua kegunaan yaitu untuk alkohol dan paraffin. kompor jenis ini sangat sederhana, ringan dan sangat berguna. Dengan menggunakan bahan bakar padat tertentu (ESBIT - Erich Schumm Brennstoff In Tabletten – Erich Schumm fuel in tablets)akan menghasilkan panas yang cukup baik, dan dengan bahan bakar padat ini akan meleleh seperti paraffin pada umumnya. Biasanya paraffin di pergunakan jika kita ingin mendapatkan cahaya disamping untuk kepentingan memasak itu sendiri. sedangkan kelemahan dari kompor dengan bahan baru paraffin ini adalah untuk saat ini sudah jarang penjual paraffin, harga paraffin lebih mahal di bandingkan dengan bahan bakar lainnya, dan hasil pembakaran paraffin biasanya meninggalkan bekas noda hitam dan lengket pada alat masak yang di pergunakan, serta kadang bau paraffin yang ikut masuk dalam aroma masakan mengurangi cita rasa dari masakan yang di persiapkan. Dewasa ini kompor lapangan paraffin dan bahan bakar pendukungnya sudah jarang di temukan.

kompor kayu

Kompor bahan bakar kayu

5. Kompor lapangan dengan bahan baku kayu bakar, kompor lapangan jenis ini sebenarnya paling praktis di antara semua kompor lapangan yang ada. karena kompor lapangan ini dapat di buat sendiri dan praktis. Cukup mendirikan penghalang angin yang khusus di gunakan untuk melindungi perapian dari angin, sudah dapat diergunakan sebagai kompor atau batu yang di dapat di lapangan, tonggak pancang yang dikhususkan untuk bahan bakar kayu, atau kompor kayu hasil pabrikan, sekarang ini kompor berbahan bakar kayu versi pabrik sudah di lengkapi dengan kipas angin elektrik yang dapat befungsi untuk memberikan oksigen agar api dapat menyala dengan baik, atau bahkan tanpa menggunakan apapun yaitu langsung membuat kayu bakar di udara dan tempat terbuka. Bahan bakar untuk kompor inipun sangat mudah ditemukan di setiap tempat yang kita lalui kecuali di lingkungan dimana kita mendaki atau melakukan perjalanan tidak di perbolehkan mengambil atau menebang pohon sebagai kayu bakar.

Keuntungan menggunakan komor jenis ini adalah murah dalamm pembuatannya, bahan bakar yang gratis dan hampir tersedia disemua tempat, sangat potensial untuk mendapatkan air panas yang tidak terbatas dan memungkinkan untuk dapat mensterilkan air dalam jumlah yang banyak, asap yang dihasilkan dapat mengusir atau paling tidak mengurangi jumlah serangga yang dapat mengganggu di sekitar perkemahan kita, radiasi panasnya dapat menghangatkan badan kita dalam jangka waktu yang lama, nyala terangnya dapat menjauhkan kita dari gangguan binatang buas, menghasilkan lebih sedikit polusi dibanding dengan bahan bakar lainnya, bahan bakarnya dapat di perbaharui.

Kelemahan dari kompor model ini adalah berat dan memerlukan tempat yang cukup banyak,  jelaga yang di hasilkan cenderung membuat kotor peralatan masak yang di pergunakan, membuat semua yang ada di sekitarnya menjadi memiliki aroma asap, bahan bakar harus di cari baik pada saat perjalanan atau maupun menjelang istirahat dalam perjalanan, tergantung dari ketersediaan kayu kering yang dapat di pergunakan sebagai bahan bakar, sangat lambat jika d ergunakan untuk memasak, harus mengetahui tehnik – tehnik menyalakan atau membuat api, potensial meyebabkan kebakaran hutan, bisa jadi dilarang mencari atau menebang pohon sebagai kayu bakar di area perjalanan atau pendakian

sumber: http://zenstoves.net/

2 Tanggapan to “Kompor Lapangan”

  1. ibnu said

    Sy membutuhkan kompor lapangan gbr paling atas, dmn sy bs membelinya ya?

  2. Kudhana said

    kalau mas ada di daerah jkt,
    mas coba cari di tandike, atau coba cari di kaskus kdang ada yang menawarkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: